Memahami Apa itu Analisis Data dan Ragam Teknik yang Digunakan dalam Bisnis

Memahami Apa itu Analisis Data dan Ragam Teknik yang Digunakan dalam Bisnis

Data analytics termasuk salah satu alat yang digunakan oleh perusahaan dalam menentukan suatu kebijakan. Tentunya, bagi suatu perusahaan besar, mereka harus menggunakan metrik yang akurat berdasarkan data bukan dari firasat saat akan memutuskan suatu hal. Dengan begitu, resiko kegagalannya pun akan rendah.

 

Oleh karena itu, analisis data berperan penting dalam memberikan suatu wawasan bagi para pelaku bisnis dalam membantu membuat kebijakan secara baik, benar, tepat, dan akurat. Bila ingin tahu apa itu analisis data dan ragam tekniknya, yuk simak rinciannya berikut ini.

 

Apa itu Data Analytics?

 

Data analytics adalah ilmu yang mempelajari tentang data mentah lalu menganalisisnya menjadi suatu informasi yang berguna. Nantinya, informasi ini dapat dimanfaatkan oleh pihak yang membutuhkan sebagai sarana pengambilan keputusan dan untuk keperluan optimalisasi proses bisnis agar lebih efisien.

 

Analisis data adalah bagian dari proses yang terdapat pada business intelligence. Jadi, data-data yang ada akan dikumpulkan, diseleksi, diolah, dan dianalisa untuk keperluan pemecahan masalah yang terjadi pada suatu bisnis atau perusahaan.

 

Orang yang bertugas menganalisis data disebut sebagai data analis. Namun, sebagian besar teknik maupun prosesnya saat ini sudah dilakukan secara otomatis melalui program algoritma komputer. Namun, peran data analis masih tetap dibutuhkan untuk mengolah beberapa data yang tidak dapat dibuat oleh komputer.

 

Teknik analis data yang tepat dan akurat akan menghasilkan suatu tren maupun metrik yang kaya informasi. Biasanya, bagian yang paling membutuhkan banyak data ini ialah dari bidang produksi.

 

Contohnya perusahaan berbasis video menggunakan analisis data untuk membuat para pengunjung tidak bosan dalam melihat setiap video, selalu scroll dari satu video ke video lain, dan menampilkan konten yang sesuai dengan minat pengunjung tersebut.

 

Teknik Data Analytics yang Kerap Digunakan dalam Bisnis

 

Masing-masing perusahaan tentunya memiliki metode atau teknik analisis data tersendiri untuk memproses data serta mengolah informasi yang ada di dalamnya. Namun, ada beberapa metode populer yang telah banyak diterapkan di perusahaan besar di seluruh dunia seperti:

 

1. Cohort Analysis

 

Yaitu analisis yang dilakukan dengan membagi-bagi sekumpulan data ke dalam kelompok data yang serupa. Contohnya didasarkan pada demografi pelanggan, tren pasar, ataupun berbasis waktu. 

 

Dengan pengelompokan sub data tersebut, maka para analis data dapat mendalami secara mendalam terkait berbagai angka-angka atau matrix yang ada. Dengan begitu, memudahkannya untuk mengolah kembali berdasarkan kebutuhan.

 

2. Regression Analysis

 

Salah satu metode analisis data populer yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan besar. Tipe ini memiliki cara kerja dengan menganalisis hubungan dari berbagai macam variabel yang berbeda.

 

Dengan analisa antar variabel yang berbeda, maka para analis data dapat dengan mudah melihat apakah terdapat terdapat satu variabel yang mampu mempengaruhi perubahan pada variabel lain atau tidak.

 

3. Time Series Analysis

 

Yaitu salah satu teknik data analytics yang dilakukan dengan mengumpulkan, merangkum, dan melacak data dari waktu ke waktu. Dengan melacak data dari waktu ke waktu, maka dapat melihat hubungan antara nilai yang terdapat pada suatu data dengan nilai pada data lain.

 

Biasanya, teknik ini dipakai untuk melihat proyeksi perkiraan keuangan di masa mendatang maupun melihat tren siklus operasional perusahaan.

  • Factor Analysis

 

Biasa dipakai oleh perusahaan besar, factor analysis membutuhkan informasi data dalam jumlah yang besar lalu membaginya menjadi set data yang lebih kecil. tujuannya yaitu untuk menemukan tren yang tersembunyi yang mungkin tidak tampak bila menggunakan metode analisis lainnya.

 

Data analytics services terbukti mampu memberikan berbagai manfaat bagi individu, organisasi, maupun perusahaan. Tak hanya mampu membuat proses bisnis jadi lebih efisien, namun bisa jadi pertimbangan yang akurat dalam menentukan suatu kebijakan.